Sablon Kaos Manual
11
November
2014

Sablon Kaos Manual – Metode Sablon Kaos dengan Teknik Manual

Sebelumnya perlu diketahui ada beberapa cara menyablon kaos, diantaranya adalah Sablon kaos dengan cara manual dan sablon kaos dengan cara digital printing, masing-masing teknik sablon mempunyai kelebihan dan kekurangan.

Sablon kaos secara manual lebih banyak digunakan baik untuk usaha konveksi maupun usaha clothing atau distro, karena teknik manual diyakini lebih awet dan lebih bagus hasilnya, hal ini sesuai dengan pengalaman kami.
Sablon kaos dengan cara digital printing, sablon kaos ini relatif simple dan cepat, bahakan kelebihanya dianatranya adalah bisa sablon secara satuan, karena menggunakan alat digital sehingga hasil sablonnya terbatas secara kualitas dibanding dengan teknik sablon secara manual.

Bahan konveksi yang dapat digunakan bermacam-macam diantaranya adalah; Bahan katun combed; dengan gramasi 20S, 24S dan 30S.

Peralatan Sablon manual;

  • Meja sablon lengkap dengan kaca pada bagian atas.
  • Lampu yang diletakkan dibawah kaca, berfungsi untuk melihat presisi antara screen dengan bahan yang akan disablon
  • Rakel, sebagai perata cat atau tinta sablon
  • Screen sebagai media untuk mentransfer cat sablon ke bahan yang akan disablon

Teknik sablon kaos manual

  • Setting Desain

biasanya untuk seting desain menggunakan program corel draw karena akan lebih mudah untuk memisahkan warna desain yang akan disablon, sehingga pada saat melakukan sablon dapat dengan mudah memilih bagain-bagain warna yang berbeda. Kemudian hasil desain di print untuk dibuatkan film/diaplikasikan ke media screen.

  • Pembuatan Scren/Film

Screen harus sudah di frame, di toko-toko peralatan sablon banyak tersedia berbagai ukuran, hasil print dari desain kemudian ditempelkan pada screen dengan teknik tertentu maka desain akan berpindah dari kertas ke screen dengan bantuan sinar matahari.

  • Afdruk Film

Proses ini membutuhkan ruangan kedap cahaya, karena dengan pemebrian obat maka hasil screen akan semakin jelas dengan bantuan alat hairdrayer/pengering rambut.

  • Proses akhir pembuatanscreen.

Proses selanjutnya adalah penyemprotan dengan sprayer pada screen, fungsinya untuk membersihakn obat yang menempel pada screen, sehingga dengan spareyer screen akan semakin nyata dan siap untuk digunakan, hal ini juga mempunyai resiko jika tahap-tahapan kurang cermat maka akan menyebabkan hasil screen tidak rata atau tidak sesuai dengan desain bahakan bisa gagal.

  • Proses sablom

Screen yang sudah jadi akan siap digunakan, maka taruhlah bahan yang akan disablon diatas meja yang sudah dilengkapi kacanya, kemudian diatsnya kita taruh screen yang sudah terlhat transparan pada bagian desainnya, kemudian setelah ditempelkan, taungkan cat sablon yang akan digunakan menyesuaikan dengan warna yang diinginkan pada saat seting desain, setelah itu tarik cat yang sudah ditaung menggunakan rakel.

  • Proses Pengeringan

Hasil sablon selanjutnya dijemur pada terik matahari, beberapa orang menggunakan mesin pemanas hal ini untuk mengurangi kadar air pada tinta sablon yang menempel pada bahan, dan untuk menyatukan cat dengan bahan.

Demikian artikel tentang Sablon Kaos dengan teknik manual, jika anda ingin membuat kaos dalam partai besar silahkan menghubungi jogja konveksi di menu contact berikut ini: LINK CONTACT

Comments are closed.